Bima

Bima

21 Desember, 2017

MEMILIH BULAN UNTUK RIYADHOH Ilmu

Pertanyaan : “ Salam Kang…. Kapankah masa / saat terbaik untuk kita memulai riyadhoh ilmu…? ”

Bulan Dzulhijah ini adalah salah satu dari 4 bulan Haram, yaitu haram untuk berperang / bermusuhan  / bertikai / berkelahi.

10 hari diawal bulan Dzulhijah sangatlah istimewa, jika di bulan Ramadhan ada malam Lailatul qadar ( satu malam yang lebih baik dari seribu bulan ) maka pada 10 hari di awal bulan Dzulhijah ini setiap amal sholeh dicintai Allah swt, bahkan pahala sepadan berjihad.

Rasulullah saw bersabda :
“ Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini ( yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah ).” Para sahabat bertanya : “ Tidak pula jihad di jalan Allah…? ” Nabi saw menjawab : “ Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun. “

Penuhilah awal bulan ini, sampai nanti tiba hari raya Qurban, dengan amal sholeh ( Puasa, Wiridan, Sholat malam, Sedekah / Donasi, Membantu sesama, Mencukupi kebutuhan para saudara ). Raihlah keutamaannya, sebab fadhilah masa ini tidak ada dibulan yang lain.

Dalam setahun ada 4 bulan Haram yaitu bulan Rajab, Dzulqaidah, Dzulhijah, Muharam ( Suro ), setiap bulan tersebut memiliki keutamaan masing-masing.

Dalam 4 bulan Haram, bagi masyarakat umum ini adalah masa yang aman, boleh pergi dan melakukan aktifitas kehidupan dengan hati tenang. Bagi kita para spiritualis bulan ini bagus untuk riyadhoh Babagan Hawa Sanga. Guna meningkatkan kualitas iman dan menguatkan jati diri Ingsun Sejati kita.

Pengertian Riyadhoh secara bahasa adalah latihan, pengertiannya meliputi :

1. Latihan sedikit MAKAN sampai mampu mengurangi gelora nafsu syahwat.
2. Latihan sedikit TIDUR sampai dapat menjernihkan kemauan dan keinginan.
3. Latihan sedikit BICARA hingga dapat selamat dari berbagai malapetaka.
4. Latihan TABAH menghadapi kenyataan pahit, hingga muncul kesabaran yang tinggi.

Ingat…!!, jangan menganiaya diri / mendzalimi diri sendiri / berbuat maksiat ataupun permusuhan apalagi mengikrarkan perang di bulan-bulan haram ini…! Tiada bantuan ghaib / khodam malaikat bagimu para pengamal ilmu hikmah yang berniat jahat / permusuhan apalagi di bulan haram ini. Mereka sedang libur…

Gunakanlah bulan Haram ini untuk banyak beramal sholeh dan riyadhoh babagan hawa sanga ( mengendalikan 9 lubang hawa di badan, yang menjadi pintu keluar masuknya nafsu ).

Bagi saya, bulan-bulan haram menjadi momen untuk merefresh amalan amalan, men-charge-nya, mengaktivasi dan penyegelan. Oleh sebab itulah 4 bulan Haram menjadi bulan Riyadhoh.

Janganlah berangan-angan panjang, ingin cepat bisa ini-itu. Riyadhoh yang baik itu adalah yang penuh kemurnian sebagaimana makna dari Riyadhoh itu sendiri.

Jangan dirisaukan mengenai imbalan karunia, karomah, maunah atau daya linuwih ( Shakti ), sehingga membuat tidak khusyuk dalam masa riyadhoh, bahkan menodai amalan riyadhoh sebab boleh jadi itu hanya keinginan” hawa nafsu.

Insya Allah, kelak Allah sendiri yang akan memberikan karunia itu, yang boleh jadi anugerah dari-NYA itu lebih baik & lebih tinggi dari pada apa-apa yang selama ini dijadikan angan-angan panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ilmu Meraih Hajat Mendesak